Rabu, 18 Juni 2014

daerah saya Sumbawa Besar






Sedikit tentang daerah saya (sumbawa besar)

Kabupaten Sumbawa adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Sumbawa Besar. Kabupaten ini terletak di sebagian besar bagian barat Pulau Sumbawa.
budaya sumbawa terkenal dengan bahasa, wisata dan kulinernya (makanan khas sumbawa).
  • Bahasa Samawa / bahasa samawa
    contoh bahasa samawa beserta artinya :
    Makan    = mangan
    Tangan    = ima
    Tidur       = tunung
    Kaki       = ne
    Belok      = mengko
    Tulang     = tolang
    Perut       = tian
    Kulit        = kulit
    Berenang = nange
    Kotor      = lesek
  • Wisata kota Sumbawa :
    ISTANA DALAM LOKA merupakan istana kuno yang terbuat dari kayu. yang dimanfaatkan sebagai museum daerah sumbawa, tempat penyimpanan benda-benda sejarah kabupaten sumbawa.


  • WISMA PRAJA (WISMA DAERAH) merupakan istana bangunan belanda yang sekarang dipergunakan sebagai tempat penerimaan tamu-tamu agung dan kegiatan-kegiatan resepsi yang bersifat formal.



  • BALA KUNING (the yellow house) merupakan rumah tempat tinggal sultan yang terakhir


  • Kuliner kota Sumbawa Besar (makanan khas samawa)
    Makanan-makanan khas sumbawa di antaranya :

    SINGANG merupakan makanan yang terbuat dari ikan yang ditebus dengan rempah-rempah dapur, ciri khas dari makanan ini ialah berwarna kuning karena pembuatan makanan ini harus disertai kunyit.

    SEPAT merupakan makanan yang terbuat dari rempah alami tanpa proses perebusan, biasanya dimakan dengan ikan bakar, cumi bakar, kepiting rebus, udang rebus, dan sejenisnya.

    PELU merupakan makanan yang dibuat dari kacang panjang, kecambah, kubis yang direbus dan dipotong-potong kecil sama rata kemudian ditambahkan serunding dan sambal.





    MANJAREAL merupakan kue khas sumbawa yang dibuat dari kacang tanah, sagu dan gula kemudian dibungkus dengan daun lontar dan dibentuk menyerupai daun waru.











    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar